FITRAH

• Fitrah yang ada pada manusia dapat menilai baik buruk tingkah laku masyarakat ataupun dirinya. Ini disebabkan karena fitrah dimiliki oleh manusia semenjak ia lahir, sama dilahirkan oleh ibu bapak kafir ataupun jahiliyah. Kecenderungan yang baik senantiasa membawa manusia ke arah Islam seperti pengakuannya
kepada Allah sebagai pencipta (Rab). Perubahan fungsi dan peranan fitrah ini terjadi karena pengaruh persekitaran termasuk pengaruh ibu bapak ataupun lingkungan sosial. Yang menjadikan manusia berubah dari fitrah kepada nasrani, yahudi dan majusi juga disebabkan oleh pengaruh ibu bapaknya.

• Fitrah dapat dijadikan sebagai saksi bagi segala perbuatannya. Fitrah manusia sudah dibekali oleh Allah SWT dengan nilai-nilai semula jadi yang dapat menilai suatu tingkah laku. Beberapa fitrah manusia adalah keinginan manusia untuk mengabdi kepada Kholiq, mengakui keberadaan Allah SWT sebagai Kholiq dan keinginan manusia untuk hidup teratur.
Dalil :
• Q.30:30,

عن أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ كَمَثَلِ الْبَهِيمَةِ تُنْتَجُ الْبَهِيمَةَ هَلْ تَرَى فِيهَا جَدْعَاءَ ( رواه البخارى )

• Hadits : “Setiap anak dilahirkan atas fitrahnya, kemudian ibu bapaknya yang menjadikan anak yahudi, majusi dan nasrani, seperti hewan yang berasal dari hewan, apakah engkau lihat padanya kelainan?’ (HR. Bukhary)

• QS.75:14, manusia menjadi saksi ke atas dirinya sendiri.


14. Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri[1531],
• QS.27:14, hati mereka meyakini walaupun mengingkari.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "FITRAH"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top