Selasa, 16 November 2010

KIAT AGAR ANAK MAU MEMBACA



Ada pepatah "buku adalah jendela dunia", semakin orang banyak membaca buku dapat dipastikan orang tersebut mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas.  Bahkan Allah swt menurunkan Al-Qur’an pertama kali kepada Nabi Muhammad saw dengan perintah membaca yaitu Iqro (bacalah).  Hal ini mengisaratkan betapa pentingnya orang unutk membaca.  Dan kesadaran untuk membaca ini haruslah kita terapkan sedini mungkin, bahkan unutk anak kita yang masih berada dalam kandungan.  Akan tetapi banyak orang tua yang mengeluhkan  anaknya sulit sekali jika disuruh untuk membaca apalagi ketika yang di suruh itu merupakan buku pelajaran sekolah. 
 
Berikut ini ada beberapa kiat agar anak mau membaca yaitu:
1.Sesering mungkin membawa anak ke perpustakaan. Umumnya anak-anak menyukai perpustakaan, mereka akan berlarian kesana kemari mengitari lorong-lorong diantara rak-rak buku serta melihat pajangan yang berwarna warni dan juga buku-buku yang bergambar yang tentu sangat menakjubkan bagi mereka.Dengan seringnya mereka dengan suasana seperti ini lambat laun minat baca anak akan tumbuh. 

2. Ajaklah anak anda ke toko buku sesering mungkin Biarkanlah mereka memilih buku yang mereka senangi. Anak tidak harus membeli semua buku di toko, belikan mereka sebuah buku tidak perlu mahal. Nanti mereka akan sadar sendiri bahwa anda tidak hanya mengeluarkan uang setiap harinya untuk membeli roti dan susu saja akan tetapi juga secara rutin mengeluarkan uang untuk membeli buku. 

3. Belilah sebanyak mungkin buku-buku bergambar di bursa buku murah atau di pasar loak. Kumpulkan dan penuhilah rak buku rumah anda dengan membeli buku di bursa buku murah tersebut. Biarkanlah sesekali anak anda menggunting atau membuat rumah-rumahan dari buku tersebut atau yang paling baik tentu dengan membacanya.
4. Jadikanlah saat membaca cerita saat yang menyenangkandan mengesankan bagi anak anda. Bacakanlah buku apapun yang diinginkan anak anda. Mungkin anda akan menjerit karena harus membacakan cerita itu lagi berulang-ulang. Yang terpenting disini adalah mereka menyadari bahwa anda menghormati selera mereka dan mereka sendiri menikmati pembacaaan itu. 

5.sisihkan lebih banyak uang untuk membeli buku daripada membeli Video kartun Disney kegemaran anak anda. 

6. Bila anak anda tidak menikmati aktivitas awal membaca maka berhentilah. Mungkin ini terlalu dini bagi anak anda. Jika anak anda masih suka bermain Lumpur dihalaman, bekerjasama dengan temannya membuat terowongan china misalnya atau membuat rel dan kereta api, biarkan saja mereka melakukanya yang terpenting disini bagi anda adalah menyediakan buku-buku yang menarik yang ada hubungannya dengan permainan yang mereka sukai. Cepat atau lambat dengan cara seperti ini minat baca anak akan tumbuh dengan sendirinya.

 7.Bersikaplah antusias dalam upaya awal mengajak anak anda membaca. Pujian merupakan senjata yang sangat ampuh. - katakan kepada anak betapa hebatnya ia ketika ia mulai membaca. - bahwa anda senang mendengar ia membaca. - ajarkan kepada mereka bagaimana melafalkan kata apapun yang mereka tanyakan kepada anda ,akan tetapi jangan bersikap berlebihan seperti menyebutkan 50% kata yang mereka tidak tahu bahwa kata-kata ini mereka lafalkan dengan keliru.Pusatkan pada hal yang mereka lakukan dengan benar. Mereka toh sedang belajar membaca. 

8. Dalam memilih sekolah taman kanak-kanak Jangan memilih Sekolah taman kanak-kanak semata-mata karena sekolah tersebut mengajarkan membaca kepada muridnya. Karena kreteria sekolah taman kanak-kanak adalah sebuah tempat yang menyenangkan, hangat dan rileks. Bila sekolah tersebut mengajarkan pelajaran awal membaca boleh-boleh saja, tetapi tidak harus. Sekolah yang terlalu banyak memaksa anak belajar membaca, sedangkan mereka belum siap, ini tidak hanya membuat anak-anak membeci sekolah tetapi mereka juga akan membenci aktivitas membaca. 

2 komentar:

  1. semoga anak2 kita gemar membaca, dan berwawasan luas denganketakwaan yang tinggi.

    BalasHapus
  2. Thanks banget, artikelnya sangat bermanfaat. Ijin share ya...semoga dapat lebih bermanfaat bagi banyak orang. terima kasih

    BalasHapus