REMAJA MASJID







SEBAB REMAJA MASJID SEMARAK :

1. Gairah dan Kesadaran Keislaman yang tumbuh dengan baik, ini adalah hasil pembinaan . . Perlu dibangun dan ditumbuhkan kesadaran keislaman dikalangan remaja masjid yang tentunya remaja yang berada disekitar masjid, baik dengan cara pengajian umum, maupun perekrutan khusus untuk remaja masjid. Dan bentuk kegiatan lain yang sesuai dengan karakter remaja setempat.



2. Dukungan yang besar dari pengurus masjid dan masyarakat dari sisi spiritual
Structural, dan pembinaan.
Hal ini penting karena remaja merupakan tanggung jawab dan aset masyarakat yang nantinya dapat menjadi penerus baik dikalangan pengurus masjid maupun masyarakat pada umumnya.

3. Hubungan Kerjasama Yang baik antar Remaja, khususnya remaja masjid.
Sebagai remaja masjid tidak dapat berjalan sendiri-sendiri dalam memakmurkan masjid, perlu adanya kerjasama antar remaja sekitar masjid, lebih-lebih sesama remaja masjid. Sebab dengan kerjasama itulah remaja masjid lebih solid dan sudah barang tentu setiap pekerjaan atau kegiatan akan lebih mudah untuk diselesaikan.






ENAM SEBAB REMAJA MASJID TIDAK AKTIF

1. Tidak ada/kurang kader pelopor (Keterputusan Generasi)
Hal ini merupakan sebab yang sering terjadi dikalangan remaja masjid, terkadang pengurus remaja masjid lupa atau lalai dalam hal kaderisasi, padahal hal ini merupakan hal terpenting dalam keberlangsungan kepengurusan karena tidak selamanya suatu kepengurusan akan dipegang suatu saat pasti harus ada penggantinya. Dan lebih baik jika kepengurusan dilakukan sekala berkala.
2. Gairah Keislaman Yang Rendah.
Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang keislaman pada generasi muda terutama dikalangan remaja. Untuk mencapai kesana maka harus dibuat acara remaja masjid semenarik mungkin dan memang kegiatan yang disukai oleh para remaja, dan disitulah kita dapat
3. Konflik/Hubungan yang tidak harmonis Dengan Orang Tua.
Sebab ini juga yang sering menjadi kendala remaja masjid dalam beraktifitas di masjid. Hal ini terjadi dikarenakan tidak adanya persamaanm persepsi antar remaja masjid dengan orang tua sebagai pengurus masjid. Untuk menyelesaikan masalah tersebut harus ada komunikasi antar remaja masjid dengan orang tua sebagai pengurus masjid. Dan yang terpenting adalah remaja harus menghormati orang tua dan orang tua harus mengayomi yang lebih muda yaitu rermaja masjid.
4. Program Yang Tidak Variatif dan Tidak Dibutuhkan.
Program yang monoton dari remaja masjid menjadi salah satu penyebab remaja masjid tidak aktif, karena dikalangan remaja membutuhkan kegiatan-kegiatan yang variatif dalam artian harus dibuat program yang sesuai dengan karakter remaja itu sendiri. Dan tidak terpaku pada kegiatan yang memang dari dahulu sudah ada. Sebagai contoh kita dapat membuat kegiatan pentas nasyid yang diselingi tentunya ceramah agama sebagai penambah wawasan keagamaan para remaja masjid.
5. Promosi Kegiatan Yang Masih Bersifat Tradisional.
Dalam pemberian informasi kegiatan terkadang kita hanya cukup mengumumkan lewat pengeras suara masjid hal ini perlu ditambah dengan pembuatan semacam famlet atau selebaran dalam bentuk lainnya semenarik mungkin. Atau dapat juga pemberiyahuan atau promosi kegiatan dibuat dalam bentuk spanduk atau banner.
6. Tidak Ada Kerjasama Antar Remaja Masjid Sehingga Tidak Memacu Perkembangan Untuk Lebih Berkualitas.
Adakalanya seorang pengurus remaja masjid yang merasa sudah mampu maka setiap urusan atau kegiatan dilakukan sendiri tanpa melibatkan remaja yang lainya. Dalm artian remaja masjid tidak ada kerjasama dalam hal memakmurkan masjid. Kerjasama tidak sebatas dikalangan remaja dalam satu masjid, akan tetapi kerjasama dapat dijalin antar masjid yang memang didalamnya terdapat remaja masjidnya.






LANGKAH MEMBANGUN
1. Lakukan Terus Kaderisasi Agar Ada Kesinambungan Generasi.
2. Rumuskan Kegiatan Yang Banyak dan Bervariasi: Yang Harus ada, bersifat pengembangan bakat dan hobi, dibutuhkan dan mampu dilaksanakan.
3. Libatkan Remaja di Sekitar Masjid Dengan Berbagai Pendekatan Yang Baik.
4. Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Remaja Masjid
5. Jalin Kerjasama Antar Remaja Masjid.
0 Komentar untuk "REMAJA MASJID"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info